Visa Extension: Syarat, Prosedur, dan Biaya yang Wajib Diketahui!

Ubud merupakan kota yang tak pernah ditinggalkan para wisatawan mancanegara ketika berkunjung ke Bali. Pesona ubud memang tidak ada duanya. Mulai dari ragam kuliner, banyaknya monyet yang berkeliaran, adanya Puri Lukisan, , hingga pagelaran tari kecak bisa Anda nikmati di Ubud. Hal inilah yang membuat para wisatawan mananegara betrah untuk menetap di Bali. Namun, sebagai wisatawan mancanegera, Anda harus selalu mengecek visa kunjungan Anda.

Apabila masa berlaku visa Anda sudah habis, Anda harus segera melakukan perpanjangan visa kunjungan. Namun, jika Anda kebingungan bagaimana cara memperpanjang visa tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan visa agent ubud. Lantas apa saja persyaratan yang harus dipenuhi ketika akan melakukan perpanjangan visa. Selengkapnya, akan diulas secara lengkap di bawah ini.

Syarat melakukan perpanjangan visa

Ketika masa berlaku visa kunjangan ke Bali segera habis, maka Anda diwajibkan untuk mengurus visa extension bali atau perpanjangan visa. Seperti diketahui visa kunjungan saat kedatangan memiliki masa berlaku hanya 30 hari. Apabila wisatawan asing melebihi batas masa berlaku tersebut maka akan dikenakan sanksi pidana, maksimal 5 tahun penjara atau sanksi denda sesuai aturan lembaga keimigrasian.

Jika, Anda hendak melakukan perpanjangan visa kunjungan, maka Anda diwajibkan untuk memenuhi segala persyaratan berikut.

  1. Mengambil formulir izin perpanjangan kunjungan ke kantor imigrasi terdekat.
  2. Isi secara lengkap formulir izin perpanjangan kunjungan tersebut.
  3. Melampirkan KTP penjamin.
  4. Melampirkan paspor asli.
  5. Melampirkan fotokopi halaman biodata diri dan stiker kedatangan atau perpanjangan izin kunjungan di Indonesia.
  6. Melampirkan surat kuasa apabila pengurusannya dilakukan dengan bantuan orang lain. Surat kuasa tersebut harus dibubuhi dengan materai Rp. 10.000.
  7. Melampirkan tiket untuk kemabali ke negara asal atau tiket terusan untuk ke negara lain.
  8. Melampirkan bukti setoran jaminan keimigrasian apabila Anda akan melakukan penanaman modal usaha di Indonesia.

Prosedur perpanjangan visa

Berikut beberapa prosedur perpanjangan visa yang perlu Anda ketahui.

  1. Setelah Anda melengkapi semua persyaratan yang sudah di jelaskan di atas. Petugas imigrasi akan melakukan pemeriksaan kelengkapan persyaratan yang Anda berikan.
  2. Selanjutnya petugas imigrasi akan memasukkan data, memindah dokumen, dan mencetak tanda permohanan perpanjangan visa.
  3. Selanjutnya, petugas imigrasi akan meminta Anda untuk melakukan pembayaran sesuai dengan ketentuan pihak imigrasi.
  4. Selanjutnya, pihak imigrasi akan meminta persetujuan kepada kepala kantor atau pejabat imigrasi yang ditunjuk.
  5. Selanjutnya pihak imigrasi akan melakukan tes wawancara, identifikasi data dan verikasi data, serta melakukan pengambilan sidik jari dan data biometrik.
  6. Setelah proses tersebut selesai, maka kepala kantor imigrasi atau pejabat imigrasi akan menandatangi persetujuan permohonan perpanjangan visa Anda.
  7. Selanjutnya, pihak imigrasi akan menyerahkan dokumen tersebut kepada Anda.

Proses perpanjangan visa biasanya membutuhkan waktu paling lama tiga hari setelah Anda melakukan wawancara dan pembayaran biaya keimigrasian.

Biaya perpanjangan visa

Untuk kisaran biaya perpanjangan visa tergantung dari izin tinggal kunjungan (ITK). Apabila Anda melakukan perpanjangan ITK selama 30 hari, maka Anda dikenakan biaya sebesar Rp. 500.000. Namun, untuk ITK 60 hari maka Anda harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 2.000.000.

Demkian, syarat, prosedur, dan biaya perpanjangan visa yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan perpanjangan. Apabila Anda kurang paham, Anda bisa menggunakan jasa agensi pembuatan visa untuk membantu proses perpanjangan visa.