Sebuah bisnis membutuhkan sebuah perencanaan yang matang dalam menjalankan seluruh operasional khususnya dalam usaha laundry. Bisnis laundry merupakan sebuah usaha yang mudah ditiru dan menguntungkan, namun bukan berarti bisnis ini mudah dijalankan. Aplikasi laundry android dapat membantu owner laundry dalam menjalankan operasional laundry.

Saku Laundry merupakan salah satu aplikasi laundry android yang dapat menjadi solusi mempermudah operasional bisnis laundry yang dijalankan. Dimana terdapat banyak fitur menarik yang dapat dimanfaatkan owner dalam menjalankan usaha laundry.

Cara menggunakan aplikasi laundry android ini juga terbilang sangat mudah karena sistem yang digunakan berbasis android dan user friendly, hal ini akan sangat cocok bagi anda yang masih pemula dibidang usaha binatu. Lantas apa saja hal yang dapat memudahkan bisnis laundry dengan aplikasi laundry android.

Beberapa kemudahan yang ditawarkan aplikasi laundry android

1. Lebih memperhatikan lokasi laundry

Lokasi laundry merupakan salah satu hal yang penting untuk dipikirkan. Lokasi juga akan menunjukan seberapa nyaman jarak yang harus ditempuh pelanggan untuk menjangkau outlet laundry anda. carilah lokasi yang strategis dan nyaman untuk pelanggan.

Anda dapat mencari lokasi yang ramai atau di tengah pemukiman warga seperti perumahan atau komplek. Selain itu, kos-kosan juga dapat menjadi salah satu lokasi terbaik untuk membangun usaha laundry, karena anak kosan biasanya akan sangat membutuhkan laundry.

2. Menyusun waktu operasional yang pas

Waktu operasional juga penting dalam memulai bisnis, pastikan anda mempekerjakan pegawai laundry sesuai jam kerja yang benar kurang lebih 8 hingga 9 jam kerja. Untuk lebih banyak menambah omset anda dapat membuka outlet laundry mulai dari pagi hingga malam hanya untuk menerima order. Sementara untuk pengerjaannya tetap dilakukan pada jam operasional.

3. Menentukan harga jual laundry

Harga yang akan diberikan kepada pelanggan juga tidak bisa sembarangan, anda harus memikirkan harga yang pas dimana tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah dan berbeda dengan outlet laundry lain yang serupa dengan bisnis yang anda mulai.

4. Memberikan pelayanan yang terbaik

Pelayanan laundry yang terbaik adalah menerima pelanggan dengan sopan dan ramah. Tanyakan kepada pelanggan service apa yang diinginkan dengan tersenyum. Hindari menggunakan kata-kata terlalu santai.

5. Memperhatikan pakaian yang akan di laundry dengan teliti

Ketika menjalankan laundry pastikan anda memperhatikan setiap detail pakaian pelanggan. Seperti memastikan pakaian dapat dicuci secara bersamaan dengan pakaian lain, memisahkan pakaian yang harus dicuci secara khusus dan tentunya perlu membedakan harga jika ada request khusus dari pelanggan dengan harga yang seharusnya.

6. Melakukan pemasaran laundry

Setelah menjalankan laundry hal yang tidak boleh ketinggalan adalah melakukan pemasaran laundry dengan strategi marketing laundry yang baik. Anda dapat memulai dengan memberikan promo menarik kepada pelanggan baru untuk menarik perhatian masyarakat agar tertarik menggunakan jasa laundry yang ditawarkan.

7. Melakukan pembukuan keuangan laundry

Langkah selanjutnya dalam memulai bisnis laundry, pastikan anda melakukan pembukuan atau melihat laporan keuangan. Untuk mempermudah proses yang satu ini anda dapat menggunakan aplikasi untuk laundry.

Saku Laundry merupakan salah satu aplikasi untuk laundry terbaik dan terlengkap yang ada di Indonesia untuk memudahkan operasional laundry, salah satunya adalah dengan adanya fitur yang dapat membuat serta melihat laporan keuangan dan biaya-biaya lainnya baik biaya masuk maupun biaya keluar.

8. Selalu update service laundry

Tips terakhir adalah selalu memberikan update pada service laundry. Tipsnya adalah selalu mencari tahu hal-hal baru terkait usaha laundry. Misalnya anda memulai bisnis laundry dengan service khusus kiloan, anda dapat menambah service antar jemput laundry demi memberikan loyalitas kepada pelanggan.