Kegiatan jualan online sekarang ini lebih disukai. Lebih-lebih hal tersebut di dukung dengan seluruh kehidupan dan aktivitas masyarakat yang semua beralih dalam dunia digital. Tidak sedikit pelaku usaha terutama UKM atau Usaha Kecil Menengah yang memilih berjualan secara online.

Bila dilihat secara sekilas, berjualan dengan cara online terlihat sangat mudah. Padahal, seperti berjualan secara offline, berjualan secara online juga memiliki tantangan tersendiri. Apalagi tantangan berjualan online juga begitu sengit.

Jika Anda ingin mencoba jualan online, berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar toko tidak sepi pembeli.

Ketahui Strategi SEO

Ketika memutuskan mulai menjalankan bisnis online atau berjualan secara online, Anda harus menyadari jika produk yang menarik saja tidak cukup untuk memikat pelanggan. Salah satu senjata yang harus dimiliki ditengah kepungan pesaing seperti sekarang ini ialah pengetahuan SEO,

Dengan menguasai SEO, produk yang Anda jual bisa muncul di mesin pencari dengan intensitas yang lebih sering jika dibandingkan dengan toko yang tidka menjalankan strategi SEO.

Pilih Platform yang Paling Tepat

Jika ingin jualan online, hanya memiliki toko online saja tidak akan bisa menggenjot penjualan Anda menjadi lebih meningkat. Salah satu cara yang bsia dilakukan untuk menggenjot penjualan adalah menggunakan platform jual beli online atau marketplace.

Sekarang ini ada berbagai macam promo di marketplace yang membuat pelanggan menjadi tertarik. Selain itu berjualan di marketplace juga lebih aman dan nyaman. Namun, dengan begitu banyaknya marketplace yang ada sekarang ini, pastikan Anda memilih marketplace yang memiliki banyak pengguna.

Anda bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan dari setiap marketplace sebelum Anda memutuskan untuk berjualan di sana. Tentu saja pilih yang memberi banyak keuntungan.

Selalu Memberikan Layanan yang Terbaik untuk Pelanggan

Ketika berjualan seacra online, Anda tidak bertemu langsung dengan pelanggan. Oleh sebab itu, pastikan Anda memberikan layanan yang terbaik pada pelanggan. Apalagi di marketplace, pembeli bisa dengan mudah memberikan bintang atau rating kepuasan.

Jangan sampai pembeli memberikan rating yang buruk hanya karena Anda mengirimkan produk yang tidak sesuai atau karena merespons pelanggan dengan waktu yang lama. Dengan layanan serta informasi yang maksimal, besar kemungkinan pembeli akan memberikan testimoni positif untuk toko Anda.

Berikan Promo yang Menarik

Baik membeli di website toko online atau membeli di marketplace, pastikan memberikan promo yang sama-sama menarik. Tidak bisa dipungkiri, sekarang ini pelanggan begitu jeli memperhatikan promo dan harga.

Selain itu pemberian promo juga bisa meningkatkan penjualan ke arah yang positif, namun pastikan kembali Anda sudah menghitung promo dengan baik sehingga keuntungan tidak semakin mengecil karena harus memberikan promo ditambah dengan biaya layanan marketplace.

Mulai jualan online memang bukan hal yang mudah. Apalagi, jika Anda harus mulai mengumpulkan rating toko. Namun, dengan menerapkan tips di atas secara intens, akan semakin banyak pula pelanggan potensial yang Anda miliki.