Rumah yang sempit memang tidak nyaman untuk ditinggali. Oleh sebab itu sebenarnya pilihan ideal adalah kita membeli atau membangun rumah dengan luas yang mencukupi. Namun, hal itu akan memakan biaya yang cukup besar karena harga sewa alat berat, bahan bangunan atau rumah yang lebih luas pasti akan lebih mahal.

Lalu bagaimana ya menciptakan desain interior tempat tinggal yang kita miliki terasa lebih longgar supaya menaruh ketenangan waktu beraktivitas? Nah, intip mari penerangan tentang tips interior tempat tinggal minimalis berikut!

1. Hindari Menumpuk Barang

Hal pertama yang sanggup Kamu lakukan buat mendesain interior tempat tinggal supaya terasa longgar merupakan hindari menumpuk barang. Definisi barang pada sini sanggup apa saja, mulai menurut kardus bekas, barang-barang yang nir terpakai lagi & bahkan kitab -kitab yang mungkin nir Kamu baca lagi. Alangkah lebih bijak apabila Kamu memisahkan barang yang masih dipakai & berfungsi menggunakan barang yang nir akan Kamu pakai lagi.

Sumbangkan atau jual barang-barang yang nir terpakai lagi, lantaran mungkin saja terdapat orang lain yang lebih membutuhkan. Maka, menggunakan begini tempat tinggal Kamu akan terasa lapang. Faktanya tempat tinggal yang tertata rapi & lapang akan menciptakan penghuni merasa nyaman.

2. Perhatikan Ukuran Furnitur

Memilih furnitur tempat tinggal wajib mempertimbangkan 2 hal. Pertama pastikan kegunaannya telah sinkron kebutuhan Kamu, lantaran Kamu perlu mengutamakan fungsi & kebutuhan pada atas harapan belaka. Kedua, sebaiknya Kamu menyadari berukuran tempat tinggal Kamu. Jangan memaksakan buat membeli furnitur menggunakan berukuran akbar apabila memang kapasitas ruangan nir memadai. Ini hanya akan menciptakan tempat tinggal semakin sumpek. Cobalah buat mengikuti & mengaplikasikan tips interior tempat tinggal minimalis berikut supaya tempat tinggal nir terasa sempit.

3. Gunakan Cat Warna Putih

Warna putih memang dianggap memiliki efek terhadap persepsi luas. Penggunaan rona putih sanggup menaruh kesan luas & longgar pada sebuah bangunan. Kamu sanggup memanfaatkan rona putih menjadi rona dinding, lantai, langit-langit, lemari & sofa. Tetapi, apabila Kamu merasa rona putih terlalu netral & membosankan, Kamu sanggup mengubah menggunakan rona pastel misalnya krem atau memadukan putih menggunakan hitam. Oh ya, buat melengkapi desain interior tempat tinggal Kamu sanggup menambahkan kaca. Penambahan elemen kaca yang akbar pada pojok tempat tinggal pula sanggup menaruh kesan luas dalam sebuah ruangan.

4. Jangan Membangun Sekat Tembok terlalu Banyak

Partisi mungkin sanggup berfungsi menjadi sekat atau pembatas. Elemen tempat tinggal tadi pula sanggup sebagai pembatas antara ruang privasi menggunakan ruangan yang sanggup diakses sang siapa saja. Tetapi memasang atau membentuk sekat yang terlalu poly pula akan menciptakan tempat tinggal terasa sempit. Di beberapa gaya tempat tinggal minimalis, area ruang tamu sengaja dibiarkan terhubung menggunakan ruang famili & ruang makan. Ini sanggup sebagai cara lain bagi Kamu yang menginginkan tempat tinggal mini tetapi terasa longgar.

5. Perhatikan Sumber Cahaya

Seringkali kita lupa bahwa cahaya surya dalam siang hari sanggup menaruh kesan luas dalam tempat tinggal. Berikan tempat tinggal kita cahaya yang cukup melalui jendela atau ventilasi. Hal ini dapat membuat rumah terlihat lebih cantik & menciptakan ruangan lebih luas. Selain itu pastikan pula ventilasi pada tempat tinggal sanggup sebagai jendela udara yang optimal supaya terjadi pergantian udara.

Selain 5 tips di atas menggunakan wallpaper tembok yang di tempel menggunakan lem wallpaper juga bisa membantu ruangan terlihat lebih luas. Pilihlah wallpaper dengan warna sedikit cerah dan sedikit motif.