Ada kalanya Anda menerima WA penting dari seseorang, yang tidak boleh diketahui oleh orang lain. Sembunyikan chat WAtersebut adalah solusi terbaik, karena bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi saat ini WA sudah dilengkapi berbagai fitur yang bisa mendukung hal tersebut. Bagaimana caranya?

3 Cara Sembunyikan Chat WA

Ada tiga cara yang bisa Anda pilih, ketika ingin menyembunyikan chat WA seseorang. Ada yang cukup menggunakan fitur WA, email, maupun aplikasi tambahan. Berikut ini penjelasan dari Good Business masing-masing cara tersebut.

  • Fitur Arsip

Cara pertama adalah pakai fitur arsip yang sudah disediakan oleh aplikasi WA. Cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi WA Anda, kemudian klik beberapa detik pada pengirim chat yang akan disembunyikan.
  2. Akan muncul beberapa opsi pada bagian atas halaman, dimana Anda bisa pilih opsi arsip dengan logo file dengan tanda panah ke bawah.
  3. Secara otomatis chat tersebut akan diarsipkan pada folder tersendiri, yang letaknya adalah di bagian paling bawah daftar chat Anda.

Cara ini memiliki potensi untuk ketahuan, karena ketika orang yang memeriksa daftar chat Anda melakukan scroll hingga bagian halaman paling bawah akan muncul folder arsip. Dia tinggal buka folder tersebut dan chat yang disembunyikan langsung bisa dibuka tanpa password.

  • Export Email

Kalau menurut Anda cara di atas sangat besar kemungkinannya untuk ketahuan, maka bisa menggunakan cara kedua. Yaitu melakukan export chat ke email Anda. Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka aplikasi WA pada HP Anda, kemudian buka chat yang akan disembunyikan
  2. Pada halaman chat tersebut, klik ikon tiga titik vertikal di pojok kanan atas halaman
  3. Lanjutkan dengan memilih opsi “more”
  4. Pilih opsi export chat,lalu Anda akan diminta memilih apakah akan melakukan ekspor chat secara total dengan menyertakan semua media baik audio dan video yang ada di dalamnya. Atau cukup ekspor chat text saja.
  5. Setelah itu, Anda bisa pilih lokasi ekspor chat yang diinginkan. Anda bisa pilih untuk kirim via email, sesuai alamat email yang sudah disinkronisasi dengan aplikasi WA tersebut.
  6. Masukkan alamat email yang dituju sebagai lokasi persembunyian chat yang relatif aman. Lalu klik send dan tunggu sampai notifikasi email terkirim muncul.
  7. Selanjutnya, Anda cek email tujuan apakah ekspor chat sudah masuk. Jika sudah maka proses menyembunyikan chat via email sudah berhasil.
  8. Sekarang Anda tinggal buka kembali aplikasi WA, kemudian pilih chat yang sudah diekspor ke email tadi. Klik beberapa saat dan pilih opsi delete yang memiliki ikon tong sampai di bagian atas halaman chat.
  • Aplikasi Tambahan

Jika Anda masih merasa kurang puas juga, coba cara ketiga yaitu menggunakan aplikasi tambahan yang memiliki fitur menyembunyikan chat dan berbagai aplikasi. Tinggal pilih pada daftar aplikasi di Google Play Store untuk Anda para pengguna Android, atau Apps Store untuk pengguna iPhone. Setelah itu lakukan langkah berikut:

  1. Buka aplikasi yang sudah Anda unduh, pilih fitur penyimpanan aplikasi.
  2. Akan muncul daftar aplikasi yang akan Anda sembunyikan, tinggal pilih WA
  3. Masukkan kode tertentu yang akan menjadi password untuk membuka aplikasi WA yang sudah disembunyikan nanti.
  4. Setelah diverifikasi sistem, maka WA akan menghilang dari deretan aplikasi di halaman utama HP Anda.

Cara ini bukan saja menyembunyikan chat seseorang, tapi juga membuat aplikasi WA tidak bisa dibuka oleh sembarang orang.

Mau mencoba menggunakan cara sembunyikan chat WA yang mudah? Tinggal pilih salah satu cara diatas dan Anda akan lebih nyaman menggunakan WA tanpa harus takut diketahui orang lain.