Sumber: pinterest.com

Bagi beberapa orang tua, merawat hewan peliharaan di rumah merupakan hal yang cukup merepotkan. Ada berbagai alasan yang bikin mereka enggan untuk memelihara hewan, mulai dari kebersihannya, tidak ada tempat di rumah, repot mengurusnya, dan lain sebagainya. Tapi, kalau kamu memang berniat ingin merawatnya dan pecinta hewan, itu semua bukanlah sebuah masalah. Apalagi memelihara hewan di rumah punya banyak manfaat baik buat si kecil.

Keluarga yang punya hewan peliharaan di rumah dan tinggal bersama dengan buah hati, secara tidak langsung membantu tumbuh kembang anak lho. Gak percaya? Nih, langsung saja simak manfaat memelihara hewan bagi anak di bawah ini.

  1. Mengajarkan Anak Menyayangi Sesama Makhluk Hidup dan Berempati

Sumber: pinterest.com

Orang tua perlu memberitahu anak jika hewan peliharaan juga butuh perhatian dan kasih sayang sepanjang waktu. Karena mereka bergantung hidup dengan manusia untuk makan, bermain, dan dihibur agar tidak stres. Dengan begitu, anak akan belajar untuk mengetahui kebutuhan dan kondisi hewan peliharaannya. Contohnya, apakah hewan kesayangan perlu dihibur dan diajak pergi keluar rumah? Apa dia lapar? Atau hewan peliharaan punya ketakutan pada suatu hal seperti hujan? Saat anak-anak mulai memahami jika makhluk hidup harus dicintai dan dijaga, maka akan tumbuh nilai-nilai sosial pada manusia dalam dirinya.

  1. Anak Jadi Lebih Aktif

Sumber: pinterest.com

Mempunyai hewan peliharaan di rumah bisa menjadi solusi yang tepat untuk mengurangi si kecil main gadget terus atau menonton televisi. Menurut studi University of London, anak yang memelihara hewan cenderung memiliki aktivitas fisik yang lebih tinggi ketimbang mereka yang tidak punya hewan peliharaan. Saat anak punya hewan peliharaan, mereka umumnya akan lebih banyak bergerak buat bermain dengan hewan kesayangannya.

  1. Kecerdasan Emosional

Sumber: pinterest.com

Merawat hewan peliharaan juga dipercaya bisa membantu anak belajar tentang kecerdasaan emosional. Ini didapat saat anak menghabiskan waktunya dengan hewan peliharaan, mengajaknya bermain, berbicara, bahkan sampai tidur bersama. Kegiatan ini bisa memberikan anak pelajaran mengenai cara bersosialisasi saat dewasa nanti. Kecerdasan emosional ternyata gak selalu didapat dari lingkungan dan pendidikan norma saja, ya?

  1. Mengajarkan Bertanggung Jawab

Sumber: pinterest.com

Sebagai orang tua kita tentu harus mengajarkan rasa tanggung jawab pada anak sejak dini. Nah, dengan memelihara hewan di rumah, kamu bisa membantu anak belajar tanggung jawab. Cobalah biarkan anak memberikan minum dan makan sampai menjaga kebersihan hewan peliharaan tersebut. Memberikan tugas seperti membersihkan kandangnya dan memandikan kucing anggora, bisa memberikan si kecil rasa tanggung jawab. Tentunya harus tetap berada dalam pengawasan orang tua. Anak-anak yang memelihara hewan umumnya akan tumbuh dengan kasih sayang dan rasa tanggung jawab buat orang lain kelak nanti.

  1. Mengurangi Tingkat Stres

Sumber: pinterest.com

Bermain, mengelus dan menepuk hewan peliharaan akan mengurangi tingkat stres yang dialami. Bukan cuma pada orang dewasa saja, tapi juga pada anak-anak. Saat tidak ada kegiatan di luar rumah, mereka tetap bisa memiliki teman bermain ketika berada di rumah. Sebuah studi mengatakan, anak-anak yang memiliki hewan peliharaan punya tingkat stres lebih rendah daripada mereka yang tidak memeliharanya.

  1. Meningkatkan Rasa Kepercayaan Dirinya

Ada penelitian yang mengatakan, bahwa anak-anak yang memelihara hewan di rumah punya rasa kepercayaan diri yang sangat tinggi. Ini mungkin karena mereka punya makhluk hidup untuk dicintai dan balik mencintai kita apa adanya serta teman main yang selalu ada saat dibutuhkan. Kemudian saat anak mulai masuk sekolah, hewan kesayangan memberikan si kecil suatu hal menarik untuk dibagikan dan diceritakan dengan teman-temannya.

Memelihara hewan di rumah ternyata punya banyak manfaat baik bagi tumbuh kembang anak ya, bunda? So, sudah pertimbangkan mau pelihara hewan di rumah nanti?