Link untuk memperpendek URL saat ini memang banyak dijadikan sebagai pilihan. Maklum saja, ketika membagikan URL yang panjang ke media social, URL panjang ini terlihat kurang professional dan kurang menarik di mata pembaca.

Inilah alasan mengapa link pemerpendek URL begitu laris manis digunakan. Namun, meskipun link pemerpendek URL ini sangat banyak bertebaran, hindari memilih link dengan asal, karena bisa jadi link yang akan Anda gunakan tersebut merupakan situs scam.

Bahaya Memilih Link untuk Memperpendek URL dengan Sembarangan

Ada berbagai macam bahaya memilih link pemerpendek URL secara sembarangan, antara lain:

  1. Modus mengumpulkan data

Saat ini banyak situs yang diblokir oleh operator seluler sehingga untuk melakukan pengecekan harus menggunakan teknik tertentu. Terkadang, iming-iming banyak fasilitas secara gratis membuat orang-orang bersedia memasukkan data pribadi di form yang sudah dimasukkan.

Padahal, bisa jadi nomor handphone dan data tersebut digunakan untuk diperjualbelikan. Situs semacam ini bisa dilihat di kode HTML halaman situs. Jika Anda melihat keanehan, bisa dipastikan bila situs tersebut scam.

  1. Digunakan untuk hal yang bersifat negative

Selain diperjualbelikan, data juga bisa digunakan untuk hal-hal yang bersifat negative. Contohnya saja hanya untuk menggunakan faislitas link pemerpendek URL, Anda diharuskan untuk mengirim data diri.

Jangan sampai data diri tersebut digunakan untuk hal-hal negative seperti melakukan pinjaman online. Oleh sebab itu sebelum menggunakan link untuk memperpendek URL, Anda bisa melihat apakah adad keganjilan di sana.

Jika terdapat sesuatu yang ganjil bahkan terlihat tidak masuk akal, Anda bisa mengabaikannya. Anda juga bisa mencari informasi mengenai situs yang akan digunakan untuk memperpendek URL tersebut di Google. Seringnya, jika situs tersebut merupakan situs yang valid, akan ada banyak review atau ulasan yang mengulas situs tersebut.

  1. Situs terdapat virus yang sukar dihapus

Bahaya lain yang mengancam adalah situs merupakan virus yang sukar dihapus dan meminta Anda untuk memberikan akses perangkat. Padahal, umumnya untuk memperpendek URL, situs yang digunakan tidak membutuhkan akses perangkat.

Jika Anda menemukan situs untuk memperpendek URL yang membutuhkan akses perangkat, lebih baik Anda tidak menggunakan situs tersebut. Jangan sampai, ketika sudah menggunakan situs dan mengizinkan untuk mengakses perangkat, berbagai macam data yang Anda miliki diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Biasanya, penipu yang menggunakan iming-iming link gratis memperpendek URL lebih banyak memberikan tawaran bombastis dan seluruhnya merupakan scam. Umumnya, URL domain situs menggunakan domain gratisan, kemudian desain tampilannya juga terlihat sangat sederhana. Padahal normalnya situs untuk memperpendek URL biasanya memiliki berbagai macam pilihan fitur untuk penggunanya.

Hindari sembarangan mengisi data pribadi pada situs yang belum Anda ketahui kredibilitasnya. Jika masih bingung memilih link untuk memperpendek URL yang tepat, shortbeast dapat dijadikan sebagai pilihan saat ini.

Shortbeast merupakan link terpercaya yang memiliki fasilitas memperpendek URL, Anda dapat memilih layanan free, maupun layanan premium. Untuk durasi langganan, Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Shortbeast menyediakan durasi langganan mulai dari 1 bulan, tahunan hingga selamanya. Tentu saja setiap durasi memiliki harga yang berbeda-beda. Untuk durasi langganan bulanan, memiliki harga yang cukup terjangkau. Bila Anda masih dalam tahap mencoba-coba, Anda bisa memilih fitur free. Jadi, ketika bingung memilih link untuk memperpendek URL, shortbeast pilihannya.