Apakah Anda ingin memahami cara membuat strategi pemasaran digital untuk klien, atau bahkan untuk diri Anda sendiri?

Jika Anda baru memulai dalam industri digital marketing, berlatih sendiri adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengalaman Anda.

Menurut Rifqi Mulyawan, seorang blogger dan YouTuber Indonesia, Adapun cara Anda mendekati rencana pemasaran digital pastinya akan bervariasi berdasarkan sasaran bisnis individu, tetapi pasti ada beberapa hal yang perlu diingat yang akan membuat Anda tetap di jalur menuju kesuksesan.

Jika Anda terlibat dalam pemasaran digital dan sedang mencari strategi, berikut ini adalah beberapa kunci sukses dalam menerapkan strategi digital marketing Anda.

1. Buat Kerangka Kerja Realistis

Sebelum Anda melakukan apa pun, Anda pasti ingin memetakan rencana Anda.

Anda dapat membuat kerangka kerja (framework) yang realistis dengan berbagai cara, termasuk pemetaan konten, garis waktu, dan kalender editorial.

Ada banyak alat untuk membantu dengan tingkat manajemen dan perencanaan konten ini.

Yang penting adalah menetapkan beberapa hasil ideal (realistis) sambil menyisakan ruang untuk kemungkinan yang tidak pasti.

2. Identifikasi KPI yang Sesuai di Awal

Bagaimana Anda menetapkan tujuan pemasaran online Anda?

Benar! Anda harus menemukan metrik yang tepat untuk difokuskan untuk memahami bagaimana Anda mendapatkan hasil akhir.

Identifikasilah nilai ukur KPI (Key Performance Indicator) yang tepat.

Pilih KPI yang paling mewakili area target utama Anda, ini tentunya akan membantu Anda tetap berada pada target dan memahami tindakan pemasaran mana yang benar-benar berhasil dan mana yang perlu ditingkatkan.

3. Ketahui Cara Membuat Corong yang Efektif

Jika Anda memiliki pengalaman di bidang pemasaran tradisional (atau latar belakang bisnis apa pun), maka Anda harus sudah terbiasa dengan konsep corong penjualan.

Ini merupakan garis besar langkah demi langkah dari setiap fase perjalanan pembeli.

Pakar strategi konten atau pemasaran digital yang hebat akan tahu apa yang diperlukan untuk membawa pelanggan melalui setiap fase corong dan memiliki rasio persentase tinggi dengan konversi.

Memang, dalam banyak kasus, ini membutuhkan latihan.

4. Pahami Apa yang Membuat Konten Anda Efektif

Konten, mereka jauh lebih dari sekadar blog, Tweet, dan iklan Facebook yang hebat!

Ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk berkreasi dengannya dan untuk itu, Anda pasti ingin mengetahui teknologi terkini dan metode terbaru untuk menjangkau pemirsa Anda.

Apa yang membuat penjangkauan dan keterlibatan benar-benar efektif adalah kemampuan Anda untuk menceritakan cerita (kisah), dan untuk itu, strategi Anda harus berpusat pada kampanye iklan efektif dan konten yang berkualitas tinggi serta bernilai.

5. Rencanakan Secara Strategis tetapi Fleksibel

Apapun rencana Anda secara keseluruhan, itu pastinya harus selalu meninggalkan ruang untuk fleksibilitas.

Sama seperti memberikan tenggat waktu “perkiraan” saat Anda mendelegasikan tugas atau mengarahkan klien, Anda harus meninggalkan banyak ruang tidak hanya untuk fluktuasi waktu, tetapi juga untuk kejadian tak terduga yang dapat memengaruhi beban kerja inti Anda, serta bisnis secara keseluruhan.

Betul! Ini berarti meninggalkan beberapa tempat “kosong” di timeline Anda untuk diisi saat Anda tidak ada atau berhalangan.

Ini juga berarti menyisakan ruang untuk memasukkan hal-hal seperti peristiwa terkini yang relevan, artikel viral dari pesaing, atau investasi tak terduga dalam teknologi baru yang dapat mempengaruhi rencana Anda ke arah tertentu.

6. Buat Konten Evergreen

Jenis konten yang berbeda memiliki tujuan yang berbeda dan untuk itu Anda harus menggabungkan berbagai ide saat Anda mengerjakan strategi pemasaran konten Anda.

Meskipun ini mungkin terdengar rumit, sebenarnya tidak jika Anda dapat mengumpulkan sebagian besar konten Anda sebelumnya dan menjaganya tetap teratur sesuai dengan kata kunci dan tag.

Konten abadi adalah istilah untuk konten yang hanya perlu Anda buat sekali dan berharga untuk berbagai tujuan dan bahkan di berbagai kanal.

Memang, ini biasanya tidak relevan dengan waktu atau peristiwa, tetapi ini adalah bagian penting dari alur cerita brand, pesan inti, dan penawaran utama Anda.

7. Visualisasikan Arah yang Jelas

Apakah konten Anda mengarah ke arah tertentu sesuai dengan lalu lintas dan keterlibatan keseluruhan?

Inilah yang harus Anda lakukan di awal dan saat Anda maju melalui setiap fase strategi Anda.

Anda harus mengawasi seberapa baik setiap fase funnel (corong) Anda bekerja, dan melihat aktivitas keterlibatan ulang jika conversion (konversi) Anda berfluktuasi.

Akhir Kata

Untuk membangun strategi pemasaran konten yang efektif, Anda perlu memiliki pemahaman yang kuat tentang manajemen proyek, yang mencakup visi rencana yang solid serta setiap langkah, dan bagian-bagian yang terlibat dalam membuat setiap langkah berhasil.

Untuk tujuan ini, strategi pemasaran konten adalah representasi yang baik dari seni dan sains tentang apa yang terjadi di balik layar.

Menerapkan strategi digital marketing yang sukses memang tidak mudah, tetapi dengan sedikit latihan, Anda dapat membuatnya bekerja untuk keuntungan Anda.

Ingatlah bahwa idenya adalah menjauh dari keuntungan dan konversi dan fokus pada elemen manusia – perjalanan pembeli, kisah merek, dan keterlibatan Anda.