Produk kecantikan adalah salah satu kategori bisnis dengan pertumbuhan tercepat di industri barang konsumsi. Dengan pertumbuhan tahunan yang terus naik hingga beberapa tahun terakhir, ia menawarkan beberapa peluang bisnis yang menguntungkan. Tapi bisakah sembarang orang dengan ide bagus mengembangkan dan meluncurkan produk termasuk membuat formulasi kosmetik? Jawabannya jelas tidak, begitu juga yang terjadi di Maklonesia, tidak sembarang orang melakukan formulasi produk kosmetik.

Formulasi Kosmetik di Manufaktur Berbeda

Memang, Anda tidak harus menjadi ahli kimia kosmetik untuk merumuskan merek perawatan kulit. Anda juga tidak perlu memperoleh gelar dalam ilmu kosmetik atau memenuhi persyaratan formal lainnya untuk mengembangkan formula perawatan kulit. Semuanya bermuara pada pengalaman praktis, inspirasi, dan berapa banyak waktu yang diinvestasikan untuk menyempurnakan produk.

Namun, formulasi tidak sama dengan manufaktur di maklon kosmetik. Hal ini penting untuk diperhatikan karena tidak setiap negara mengizinkan Anda memproduksi produk perawatan kulit. Produk tersebut harus dikembangkan di laboratorium terdaftar atau oleh seseorang dengan kualifikasi formal. Jadi, jika Anda hanya ingin membuat produk kosmetik untuk sendiri, mungkin bisa berdasarkan pengalaman. Tapi, ketika ingin dipasarkan secara massal, ini hal yang berbeda.

Sebagian besar perusahaan kosmetik mempekerjakan orang dengan gelar sarjana. Setidaknya, mereka mendapatkan gelar di bidang kimia dan kemudian mengkhususkan diri dalam kimia kosmetik. Ini karena kursus kimia tradisional tidak memiliki banyak topik relevan, seperti produk alami berbasis organik, yang ditangani oleh studi khusus. Mereka harus lulus perguruan tinggi yang tepat yang menyediakan semua sumber daya yang dibutuhkan untuk menjadi ahli kimia kosmetik.

Ahli Kimia Kosmetik dan Formulator

Di dalam internal Maklonesia, kami memiliki tenaga ahli yang memang spesifikasinya di bidang pembuatan formula produk kosmetik. Mereka adalah ahli kimia kosmetik yang bekerja di laboratorium khusus yang menghasilkan produk kosmetik aman dan berkualitas. Mereka memiliki gelar formal, pengetahuan dan pengalaman yang memadai untuk melakukan formulasi kosmetik dengan standar mutu tinggi.

Dalam prakteknya, ahli kimia kosmetik ini bisa didampingi oleh formulator di mana formulator memiliki pengetahuan yang terbatas. Hanya saja mereka memang memiliki kursus di bidang ini, pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk membuat produk. Mereka juga terampil dalam menggunakan berbagai macam peralatan untuk formulasi termasuk dalam mencampurkan berbagai macam bahan baku. Perpaduan kerjasama antara ahli kimia kosmetik dan formulator ini menghasilkan produk yang benar-benar berkualitas.

Di Maklonesia, tim formulator kami memiliki sertifikasi di bidang itu, berpengalaman, dan memiliki pengetahuan. Mereka melakukan formulasi kosmetik dengan dedikasi tinggi didukung dengan bahan baku berkualitas dan peralatan sesuai standar. Dengan begitu, produk kosmetik yang dihasilkan pun memiliki mutu dan kualitas tinggi. Produk akan lolos uji BPOM dan Halal MUI serta mampu bersaing dengan produk dari brand lain di pasaran.