Dana Desa

Dana desa, beberapa tahun belakangan ini, mungkin Anda sudah tidak asing mendengarnya. Dana yang bersumber dari APBN ini memang ditujukan untuk memberi manfaat sebesar-besarnya untuk masyarakat desa berupa peningkatan kualitas hidup, penanggulangan kemiskinan serta kesejahteraan.

Tentu saja penggunaan dana ini bukan hanya pada program yang memiliki sifat pembangunan fisik, namun juga berhubungan dengan peningkatan kualitas SDM di desa. Penggunaan dana ini juga harus bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat seperti pengadaan pembangunan sampai pemeliharaan sarana.

Hingga sekarang, tidak sedikit desa yang berhasil memanfaatkan dana ini untuk kebutuhan yang bersifat produktif. Bahkan, tidak sedikit desa yang membangun destinasi wisata baru dengan menggunakan dana ini.

Contoh Penyerapan Dana Desa di Daerah-daerah

Berikut beberapa desa yang menggunakan dana ini dengan sangat baik, antara lain:

  1. Desa Koto Masjid

Desa Koto Masjid berlokasi di Koto Kampar, Kab Kampar Riau. Kampung ini dikelilingi oleh perbukitan. Kampung ini juga memiliki julukan sebagai Kampung Patin karena berhasil membudidayakan ikan patin. Bayangkan saja, setiap rumah di sini memiliki kolam patin. Potensi dari perikanan Desa Koto Mesjid memang begitu luar biasa.

  1. Desa Wates

Tidak ingin terjadi banjir karena tumpukan sampah, warga Desa Wates, Pagu melakukan pembersihan sampah sekali dalam seminggu. Mereka memiliki obsesi agar dapat membersihkan sungai di Kediri dari sampah.

  1. Desa Sinorang

Desa Sinorang berlokasi di Banggai, Sulawesi Tengah. Di sini, Anda akan menemukan wilayah dengan berbagai macam warna-warna yang indah. Dusun ini mengubah warna cat setiap rumah dengan warna seperti pelangi. Keindahan desa ini bukan hanya warna-warna rumahnya saja, namun juga keramahan warga desas yang tinggal di daerah ini.

Gunakan Dana Desa untuk Hal-hal Produktif

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, penggunaan dana ini memang ditujukan untuk peningkatan kualitas hidup. Salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup adalah menjamin ketersediaan air bersih di desa-desa.

Lebih-lebih kita sering mendapatkan berita kekeringan di musim kemarau di beberapa desa. Untuk mengatasinya, pemasangan pompa air tenaga surya bisa dijadikan sebagai pilihan. Dibandingkan dengan pompa biasa, pompa air dengan menggunakan tenaga surya lebih hemat produktif dan minim perawatan.

Hasil air nantinya bukan hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat desa namun juga bisa digunakan untuk mengembangkan desa seperti membuat kolam air, hingga membangun desa wisata. Salah satu rekomendasi layanan pemasangan pompa air tenaga surya yang bisa dijadikan sebagai pilihan adalah Sanspower.

Kami memiliki layanan pemasangan pompa air tenaga air yang berkualitas, di dukung dengan tim handal, kami sudah memasang pompa air tenaga surya di seluruh penjuru negeri. Hubungi customer service kami sekarang juga untuk mendapatkan rekomendasi pompa air tenaga surya terbaik.