Harus diakui memang, dengan adanya musibah pandemi COVID-19 yang terjadi di awal tahun 2020, menjadikan banyak masyarakat Indonesia yang sadar mengenai pentingnya passive income. Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, kita bisa menghasilkan passive income dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan memanfaatkan smartphone yang kita miliki. Trading, adalah salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk menghasilkan passive income, dan trading pun bisa dilakukan melalui smartphone. Secara singkat, trading adalah transaksi jual beli suatu aset yang dilakukan untuk menghasilkan keuntungan, iya aset. Dengan semakin berkembangnya zaman, saat ini sudah banyak aset-aset digital yang dapat dijadikan instrumen trading. Mungkin, aset-aset digital yang paling banyak dikenal oleh kebanyakan orang adalah saham dan crypto. Tetapi, akhir-akhir ini ada satu aset digital yang sedang naik daun dan sering menjadi perbincangan dimana-mana, bahkan sering mengisi portal-portal berita digital, adalah NFT.

Mungkin kamu telah mengetahui NFT itu apa, tetapi untuk mengingatkan sedikit, Non-Fungible Token atau NFT adalah bukti kepemilikan dari suatu aset digital, seperti foto, video, musik, game, dan aset-aset digital yang lain yang tersimpan di dalam blockchain. NFT menjadi naik daun karena kita bisa mengoleksi aset-aset digital yang terbilang unik dan memiliki nilai. Seperti contohnya tweet pertama dari pendiri twitter, yaitu Jack Dorsey, dengan melalui NFT tweet pertama tersebut dapat terjual dengan harga puluhan miliar rupiah.

Nah, bagi kamu yang saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara mendapatkan NFT, di artikel ini kita akan membahas secara singkat dan juga padat mengenai topik tersebut.

Cara Mendapatkan NFT

Tentu, bagi kamu yang tertarik membaca artikel ini pastinya ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan NFT bukan? Untuk mendapatkan NFT, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah kamu perlu mengetahui terlebih dahulu NFT marketplace apa yang ingin kamu gunakan. Karena dengan mengetahui NFT marketplace yang ingin kamu gunakan, akan berpengaruh terhadap hal berikutnya, yaitu kamu harus mempunyai dompet crypto atau dompet digital untuk mendapatkan NFT. Jadi, umumnya kebanyakan NFT marketplace telah menetapkan ketentuan mengenai dompet crypto yang kompatibel untuk bisa digunakan pada NFT marketplace tersebut. Karena itu, sangat penting untuk memperhatikan dompet crypto yang kompatibel pada NFT marketplace yang kamu inginkan.

Setelah mengetahui NFT marketplace dan dompet crypto yang ingin kamu gunakan, kamu bisa melakukan registrasi pada keduanya, dan setelah itu kamu bisa mendapatkan koleksi NFT pertama kamu.

Mudah bukan untuk mendapatkan NFT?

Cara Kerja NFT

Secara garis besar, cara kerja NFT adalah dengan mengubah bukti kepemilikan aset fisik, diubah menjadi aset digital. Selain itu, aset-aset digital yang terdaftar sebagai aset NFT akan disimpan didalam blockchain beserta data pemiliknya. Sehingga untuk melakukan verifikasi keaslian NFT pun akan mudah. Karena aset NFT dan pemiliknya disimpan didalam blockchain, maka aset NFT adalah aset yang tidak bisa digandakan ataupun diduplikasi. Maka dari itu, setiap aset NFT dalam satu waktu hanya bisa dimiliki oleh satu orang.

Kolektibel

Kolektibel adalah platform NFT pertama di Indonesia yang menampilkan dan menyediakan aksi dan momen terbaik khusus pada bidang olahraga, seni dan budaya, bahkan hingga lifestyle. Kolektibel sendiri menggunakan Vexanium blockchain sebagai basis tempat penyimpanan data-datanya. Fyi, Vexanium blockchain adalah public blockchain yang dibuat dan asli dari Indonesia sejak tahun 2018, dan yang paling penting adalah Vexanium blockchain ini sudah menjadi entitas yang legal juga lho, menarik bukan menggunakan platform dan blockchain asli Indonesia?

Jadi, setelah mengetahui cara mendapatkan NFT beserta cara kerja NFT, semoga dapat menambah referensi kamu mengenai dunia NFT, ya!