5 Makanan Terbaik Untuk Penderita Diabetes

Diabetes merupakan penyakit pembunuh nomor tiga di dunia menurut International Diabetes Federation pada tahun 2020. Di Indonesia sendiri, diabetes sampai saat ini masih menjadi momok masyarakat. Karena bila tidak segera diatasi, diabetes dapat menyerang organ-organ lain dalam tubuh, hingga menyebabkan seseorang harus mengalami amputasi. Salah satu pencegahan diabetes bisa Anda lakukan dengan membatasi kalori dan kadar gula makanan yang Anda konsumsi. Berikut 5 rekomendasi makanan untuk penderita diabetes yang bisa wajib Anda ketahui.

1. Whole wheat

Makanan terbaik yang sangat cocok untuk di konsumsi oleh penderita diabetes ialah whole wheat (gandum utuh). Makanan ini memiliki kandungan glikemik yang rendah serta tinggi serat. Serat membuat penderita diabetes tidak mudah lapar. Kondisi ini bisa membuat tubuh tidak mengonsumsi kalori secara berlebihan.

2. Sayuran hijau

Sayuran hijau mengandung indeks glikemik dan karbohidrat rendah, serta mengandung zeaxanthin dan antioksidan lutein yang begitu melimpah. Kandungan-kandungan tersebut dapat mencegah risiko penyakit katarak dan degenerasi makula pada mata. Penyakit-penyakit tersebut biasanya terjadi akibat komplikasi penyakit diabetes. Anda bisa menumis atau membuat sup dari beberapa sayuran berikut seperti bok choy, kubis, sawi, bayam, dan brokoli.

3. Kacang-kacangan

Bagi penderita diabetes, sering kali tubuh merasa lapar dan ingin makan secara terus-menerus. Sehingga terkadang sering mengonsumsi camilan yang justru memperparah indeks glikemik dalam tubuh. Oleh karena itu, kacang-kacangan dapat digunakan sebagai camilan sehat untuk penderita diabetes. Kandungan magnesium pada kacang-kacangan di klaim ampuh menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Berikut beberapa kacang-kacangan yang bisa digunakan sebagai camilan, kacang merah, kacang tanah, kacang pistacho, kacang mete, kacang kenari, dan kacang almond.

4. Daging ikan

Daging ikan mengandung beberapa vitamin dan mineral, serta mengandung asam lemak omega. Kandungan ini akan menekan rasa lapar, sehingga tubuh secara otomatis membatasi kalori yang akan masuk. Sehingga kondisi ini dapat menekan kadar lemak dalam darah (lipid) penderita diabetes. Berikut beberapa daging ikan yang bisa di konsumsi, daging ikan salmon, ikan trout, ikan kembung, ikan tuna, ikan sebelah (halibut). Hindari mengonsumsi makanan ini dengan digoreng menggunakan minyak. Anda bisa memanggang, menjadikan pepes, atau membuatnya menjadi sup.

5. Ubi jalar

Anda bisa menggunakan ubin jalar sebagai pengganti nasi. Meski ubi mengandung karbohidrat, tetapi indeks glikeminya terbilang rendah. Bahkan lebih rendah daripada kentang yang memiliki indkes glikemi sebesar 80. Indeks glikemi ubi jalar hanya sebesar 40 per porsinya. Selain itu, ubi jalar juga mengandung vitamin A, C, dan serat tinggi yang dibutuhkan oleh penderita diabetes agar tidak mudah lapar dan lemas. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi Anda.

Temukan aneka resep makanan, minuman dan kue di Fooooods.com.